Rabu, 29 Desember 2010

Tips merawat rantai, shaft drives, & belt pada sepeda motor

Beberapa item di atas sangat penting untuk kelangsungan hidup motor Anda. Jika komponen-komponen tersebut tidak dirawat dengan baik, maka akhirnya Anda harus menghabiskan lebih banyak uang untuk memperbaiki mesin motor.
Rantai 
Lumasi rantai dengan cairan penyemprot khusus rantai setiap kali motor akan Anda gunakan (atau sehabis membesut motor). Semprotkan bagian samping rantai yang terhubung dengan sprocket. Pastikan Anda melumasi kedua bagian rantai (kiri dan kanan). Taruh kertas atau koran agar velg tidak kotor saat Anda melumasi rantai. Tunggu lima atau sepuluh menit sebelum Anda mengelap tetesan oli dari rantai. Seluruh proses ini jauh lebih mudah jika motor Anda diparkir dengan menggunakan standar tengah. Putar ban belakang untuk memastikan seluruh bagian rantai terlumasi saat kontak dengan sprocket. 
Shaft Drives 
Kendati shaft drives pada sepeda motor membutuhkan sedikit perawatan, namun disarankan untuk mengganti oli shaft drive setiap Anda mengganti oli mesin motor. Ini akan membuat masa penggunaan shaft drive lebih panjang. 
Belt 
Drives Sama seperti shaft drives, belt tidak membutuhkan perawatan khusus. Setiap kali Anda mengganti oli motor, Anda dapat memantau ketegangan belt dan menyetelnya jika memang dibutuhkan. Pastikan belt tersebut selalu bersih.

0 komentar:

Posting Komentar

Follow by email